Senin, 28 Januari 2008

Al-Kabair, Galaksi Dosa




Judul Buku : Al-Kabair. Galaksi Dosa
Penulis : Imam Adz-Dzahabi
Penerbit : Darul Falah
ISBN : 978-979-3036-61-8
Jenis Sampul : Soft Cover
Jumlah Halaman :
Harga : 29.500
Setelah Diskon 15 % : 25.075


Buku itu ditulis oleh seorang ulama di abad ke delapan Hijriyah. Ia adalah Syamsuddin Muhammad bin Qaimaz At-Turkumani, Al-Fariqi, Ad-Dimasyqi, Asy-Syafi'i, lebih populer dengan sebutan Adz-Dzahabi.

Al-Kabair adalah termasuk buku andalannya, yang memberikan terapi bagi permasalahan-permasalahan yang berguna dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ia mencoba mendekatkan diri kepada imajinasi seputar perkara-perkara yang sulit dipahami sebagaimana dalam kitab-kitab ilmiyah yang khusus ditulis untuk para ulama dan kaum terpelajar.

Sesuai dengan judulnya, penulis memberikan rincian seputar kabair (dosa-dosa besar), yang kesemuanya merupakan jenis kemaksiatan yang diberlakukannya hukum hudud di dunia atau ancaman di akhirat. Mengapa ada perbedaan antara dosa-dosa besar dan dosa-dosa kecil ? Karena dalam dosa-dosa besar terdapat keterpautan kadar satu dengan lainnya. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpatokan bahwa dosa-dosa besar berlaku hukum hudud atasnya, ancaman, laknat, pelepasan diri, dan tiadanya keimanan sebagai patokan yang paling relevan.

Dalam Al-Kabair ini, tergambar bahwa Adz-Dzahabi sangat peduli terhadap berbagai kemashlahatan, pelurusan akidah serta moral manusia. Disajikan dengan bahasa mudah, metode yang jelas dan menawan serta jauh dari hal-hal yang diada-adakan. Karenanya sangat bermanfaat bagi para khatib dan penceramah sekaligus peringatan bagi orang-orang yang lengah dan bingung. Di samping sebagai penghardik bagi orang-orang durhaka dan menyimpang dari kebenaran, juga penuntun bagi orang-orang yang berhasrat melalui jalan Allah demi mendapatkan keridhaan-Nya.

Tidak ada komentar: